Animasi Horizontal

Idul Adha Anak ELSATRENO

Yee . . idhul adha dateng menn, sate-satean lagi !! Itu yang biasa terucap oleh kebanyakan orang kalo lebaran idul adha dateng. Ada yang dari malem ngimpiin itu sate sliweran ampe ngecess dan bikin banjir rumahnya, ada yang ngimpi bakar sate (padahal rumahnya kebakaran) yaaa, masih banyak lagi.

Pagi yang rada mendung memulai aktifitas pagi ini (06-11-2011). Hari minggu harusnya bangun siang, males malesan ato jalan jalan tapi nggk buat hari ini dikarenakan hari ini adalah hari raya idul adha meenn. Bangun jem 5 an langsung mandi lanjut brangkat ke masjid bareng keluarga. Walau rada ngatuk ngatuk pas khotbah, yaa tahan aja demi sebongkah ehh sebuntel atoo se apa gituu pokoknya. Saya tahan biar kaga ketiduran, coz malu menn masa di masjid ktiduran. Harga diri gue mau di taro dimanaa ??. tarooo dimaaanaaaa ??

okee, kita lanjut ceritanye. Ujug-ujug nyampe rumah dan yahh seperti kegiatan yg sudah sudah, yaitu sungkeman ato bahasa Indonesianya minta maaf ke orang tua pake suatu cara yang di gunakan sebuah adat di Indonesia. Kegiatan yang dilakuin ama (RN18/19) selajutnya mubeng (muter ke rmh tetangga) tau mau ngapain ?? nahh itu diee, cari MAKAN GRATIS sekalian ngapelin gadis desa :D

Setelah itu menyaksikan prosesi pemotongan hewan qurban, ada sapi ada kambing banyak deh pokone,,, tapi kasiaan juga ada yang kayaknya nangis tuh hewan (hewan bisa nangis juga ya) pokonya ngeliatin prosesi pengulitan smpe slesai deeh. 


Pemotongan Kambing

Pengulitan Sapi
Pemotongan Sapi




Pengulitan Kambing




Sekitar jam 10.45 anak-anak SATREN yang sebagian bisa menghadiri acara PEMAKAnAN sate di rumah RK 17/18 mulai pada sms temen-temennye “eh jadi nyate nggk??  Sherr !!”
beberapa dari anak SATREN menyetujui ato mengiyakan ato he.eh ato stuju pada dateng ke rumah. (banyak attooonya neeh…) tapi sayangnya hanya sebagian yang bisa yang gak bisannya banyak, (NYESEL KALIAN YANG GAK IKUT) yang ikut cuma segelintir orang yaitu, RIAN, DIAN, ILHAM, S.RAHAYU Trust Me, RAKHA si tuan rumah, INTAN, RAMDAN, dan LINGGAR. 

NYATAnya !! zzz
pukul 11.00 WIB RN18/19 dateng ke rumah raka
pukul 11.05 jemput ilham yang kayaknya belom mandi deh
pukul 11.15 menuju ke rumah intan yang siap bawa daging dari masjid (ga tau ngambil ato minta-minta belaga imut ngadang di d
epan masjid sambil masang muka memelas)
wizzz,, ada abang linggar yang notabene adalah sodara dari intan.
pukul 11.30 mulai sms anak-anak yg laen “woy buru, nyatee dateng ke home intan”
pukul 11.45 keadaan bete tapi masih sabar nungguin duo Trust Me – Game
bell.
pukul 11.58 zzz bete dehh kaga dateng-dateng. Dan katanya sih baru brngkt si duo trust me – gameel
pukul 12.15 WIB mulai pake cara terakhir TELEPON langsung dan nyatanya “eh akkunya lagi servis motornya neng dian, tunggu ajaahh” pake nada sok polos. (gimana ga bete noh !!)

Pukul 12.30 wib . akhirnya tu duo dateng juga . si RK 17/18 ambil ini si atip (inisiatif go) buat sms si ramdan buat langsung dateng ke rumah raka.
Pukul 12.36 si Ramdan belom dating juga, dim z intan gak diblez, di telepon rakha gak di angkat
Pukul 12.45 Telpon rakha di angkat sama Ramdan ngmong bentar ktenye (gilee udah 2 jam masii di bilang bentar mulu, janjinya jam 11 loh)
Pukul 12.55 Ramdan sms ilham soalnya dia kira ada di rumah intan, nyasar ceritanya
Pukul 12.59 Ramdan nyampe rumahnya Rakha dengan membawa daging sapi fresh


Skitar jem 1 an mulai deh acara nyate-nyate yang di hadiri ga semua anak satren tapi cukup mewakili koq. Ramdan, Intan, Raisja, Linggar, Sri Rahayu (trust me), Rian, Ilham, Dian.
lokasi berada di blakang rumah RK 17/18 yang langsung berhadapan dengan sawah luuaaaaasss menn dan satu mamang yang lagi ngarit rumput buat hewan ternaknya
pake baju biru. Ditemani  2 pohon pisang yang nantinya bakal runtuh terkena hujan badai

tanpa basi-basa langsung buat formasi trio macan mengeong 1-1-4-2

1 orang ngaggur (liatin orang kerja)
1 orang ngolah bumbu
4 orang nusuk plus motong-motong daging
2 mikirin dan usahain tu areng (sejenis kayu yg telah di bakar
, gunanya buat di bakar lagi jadi abu untuk menghasilkan suatu kalor yang mengeluarkan api,, aduhh bingung. Jadi kayu di bakar jadi kecil-keciil trus yang kecilnya di kumpulin buat di bakar lagi. (Ngerti ga ??)

Sate mulai dibakar tusuk pertusuk, ada sate kambing ada sate sapi tapi posisinya gak tau, campur2 gitu bkin pusing, yang penting mah makan-makan dan makan. nasi dan lontong disiapkan oleh Ny. Widodo alias bu Neni Juwita si ibu rakha pokonyee enak banget deeeh ..
waktu menunjukan pukul 3 sore, beberapa sate udah di bakar dan sebagian lagi di cicipin lagi-lagi dan lagi.
banyak kejadian seru yang mungkin kalian ga tau (pastinya kaga tau) yang terjadi saat nyate.
si ayu trust me yang dari pertama dateng nyanyiin lagu dari iklan apaa gitu kalo gak salah iklan permen kaki merah gitu deeh sampe pulang pun tetep die nyanyiin lagu itu. Untungnya pas pulang keadaan ujan dan dingin soo die diemm aja di blakang gue :D alhamdulillah sesuatu ,...
si Ramdan yang janjinya Cuma ngicip satu (yaa SATU) tapi ya tetep aja wong judulnya nyicip, mungkin sate 1 sama yg laennya berbeda elastisitas dan kekenyalan serta laju reaksinya berbeda. jadi alhasil sate itu di cicipi lagi sama ramdan gak tau dia sate cicipinya aja udah nyampe berapa ekor, eh tusuk maksudnya.
si Dian yang tangannya ke srempet ROKETnya bi Timi (baca:tusuk sate) ampe kira-kira lecet sedikit. Sang ayang ilham langsung aje kasih perhatian lebih buat die (ecieeee !!).
si Ilham yang mendadak jadi tukang kubut profesional (dalam bahasa Indonesia yang di sempurnakan artinya seseorang yang pekerjaannya mengipasi sesuatu dengan kipas/kubut)
si Intan juminten yang lagi asiik ngudek – ngudek (dalam kamus
besar bahasa Indonesia yang di sempurnakan artinya menggoyangkan sebuah alat yang digunakan untuk menghaluskan kacang/cabai atau rempah-rempah untuk sesuatu) sambel pecel yang dikit-dikit “dian ni kekentelan ga ?, dian segini udah bener blum, dian dian dian kalo gatel tuh kudu gimana ??” zzz ni bocah banyak nanya kaya wartawan.
dan abang LINGGAr yang kayaknya jadi komentator yang baik dan kagak bijak sana dan mungkin setelah nyate ini bakal jadi tukang sate profesional macam ilham deh :D.
si Rian yang item kriwil agak ganteng dan rajin membantu orang tua
(uweeekk) ini duduk manis nemening temen-temen yang lagi asik ama kerjaannya :D asli lohh !! (Pengangguran)

Di saat ilham anteng2 ngipasin itu sate dg kpas dan mencampurkan sate yang setengah mateng ke kecap, dengan semangat 69 si Ramdan dengan poloos dan luguunya dudukin itu sateee, wah parah banget alhasil dia hanya teriak "panass, panasss, panass" langsung deh dia dijeburin di Kamar Mandi gitu...

waktu kaga kerasa udah kelewatan cepet banget dan akhirnya sate yang di bakar MAMANG ILHAMpun dah pada mateng, its time forr MAKAANN meennn !! saat yang paling di tunggu-tunggu dateng juga. Bersama sate yang tadi di bakar, lontong, nasi, tusuk sate (loh ??) dan sebuah masakan dari nyonya Widodo yang rasanya ga kalah ama hotel kaki lima (?? Jangan nanya, saya juga bingung.) yang berbahan dasar dari daging kambing juga wew,, mancaapp ini nih yang namanya kebersamaan. Bau asep bau asem yang penting makan barengg.

Pukul 04.00 itu langit ternyata kaga ngedukung kite-kite pulang dan yaa akhirnya neduh dulu di rumag RK 17/18. Yang belom sholat ashar ya sholaat yang maen PES (sebuah aplikasi game permaenan  sepak bola) ya maenn, untung ada joystick.

eh kaga nyangka tu ujan makin gede menn, jadi kepulangan kita di tunda ampe ujannya reda dulu. ujannya ujan angin pula yang membuat 2 phon pisang dibelakang rumah RK 17/18 roboh dan membuat sungai  yang penuh sampah itu banjir. Sejam-2 jam kaga kerasa di dalem rumah karena si tuan rumah ternyata berbaik hati memberikan jamuan spesial buat tamunya. Wahh makin asik ajee.

sampe adzan maghrib berkumandang, ternyata ujannya malah makin gede menn, “wahh piye yoo pulangnyaa ??” kalimat itu yang keluar dari mulut eksotis ayu trust me. Yahh nunggu aja dehh.

sempet nyesel sih, cz anak-anak yang laen berhalangan hadir jadi yaa kurang seru bgimanaa gituu. Cobaa aja yang dateng sekelas plus wali kelas, kepala sekolah beserta staff TU pada dateng, pasti buaakkaall rameee :D (streesss
tuaaan rumaaah !!!.)

sekitar jam 7 maleman anak-anak udeh mulai gelisah, ada yang di smsin suruh balikk, ada yang di ajakin belanja bulanan, ann ada yang alesannya takut di marain ortu nyee, yahh what eper lahh pokonya sekarang kudu balikk. Terdengar dari balik jendela seperti layaknya suara ujan yang gede tapii setelah saya usut dan di telusuri ternyata itu tu bukan suara ujann menn ,, tapi aliran aer yang deres/deras di sebelah rumahnya (cz ada sungai kecil meennn !!) .
tanpa panjang lebar alas kali tinggi di bagi 2 , langsung aja minta pamit cz udah malem menn. Pamit ke Mr Widodo dan Mrs Widodo dan langsung ngibrit pulang. Walaupun agak gerimis tapi tetep di paksain karna kalau ndak di paksain ya mau balik jem brape rehh !!

trims buat tuan rumah bapak Widodo dan iBu
Neni Widodo beserta Indira dan kakaknya (mbuh siapa) yang telah mau di repoti dan menjamu kite-kite dengan saaaaangaaatt baikk .
smoga dengan acara menyate ini, kita dapat menjalin silaturahmi dan kebersamaan dengan baik
cukup segitu saja pidato dari saya, lebih kurang boleh minta pak RT.
wassalamu’alaikum wr wb.



Beberapa Dokumentasi saat Acara : 
Potong Daging


Prosesi Persiapan


EKSIS


Kenang-kenangan Bersama


Masih kenang2n


Mamang Satee


Sate asli Setu 


Bang RD 13/14
Copyright 2011 ELSATRENO RN 18/19
Edited By RD 13/14 Photo By RD 13/14
Photogapher By IH 07/08

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Anak - Anak ELSATRENO

Anak - Anak ELSATRENO

ELSATRENO dengan baju Olahraga

ELSATRENO dengan baju Olahraga
Olahraga sesuai wali kelas

Dokumenter Bersama Bu Sri Handayani

Dokumenter Bersama Bu Sri Handayani
Saat Bu Sri Handayani Ulang Tahun (29/09/11)

Dokumenter Bersama Bu Sri Handayani

Dokumenter Bersama Bu Sri Handayani
Saat Bu Sri Handayani Ulang Tahun (29/09/11)